Header Ads

Membuat Aplikasi CRUD Sederhana AJAX JQuery PHP MySQL


AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. AJAX adalah teknik baru untuk menciptakan aplikasi web yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih interaktif dengan bantuan XML, HTML, CSS, dan Java Script. Dengan AJAX, saat Anda menekan submit pada form, JavaScript akan membuat permintaan ke server, menampilkan hasilnya, dan memperbarui layar pada saat itu juga. Dalam kata lain, pengguna tidak akan pernah tahu bahwa ada data dikirim ke server.
Dalam tutorial ini, kita akan mengetahui bagaimana cara kerja dari AJAX dan bagaimana mengkombinasikannya dengan PHP dan MySQL untuk membuat halaman website yang lebih interaktif tanpa perlu merefresh halaman. Seperti pada tutorial-tutorial sebelumnya, kita akan menggunakan virtual host seperti di sini.
Pertama-tama kita akan membuat database dengan nama database : db_belajar, kemudian buat table : tb_user dengan script seperti di bawah ini
Kemudian buat halaman index.php sebagai halaman utama dari aplikasi yang akan dibuat :
Buat folder baru untuk menyimpan file-file PHP sebagai API dari aplikasi, misalnya nama folder adalah api. File pertama yang dibuat tentunya untuk menghubungkan dengan database db_belajar yang telah dibuat sebelumnya.
config_db.php
Buat file read.php untuk menampikan data dari database
Buat file create.php untuk memproses penambahan data
Buat file update.php untuk meng-update data
Buat file delete.php untuk menhapus data
Kemudian buat file javascript dengan nama : ajax.js untuk menghubungkan halaman utama dengan API, kode sumbernya seperti di bawah ini :
Silakan dicoba ðŸ™‚




No comments

Powered by Blogger.